Tuesday, June 12, 2012

Gereja Imanuel Moncongloe


Dengan perkenan Tuhan maka pada tanggal 12 Juni 2012 diberkati pemakaian gedung gereja GKSS Jemaat Imanuel Moncongloe dalam suatu kebaktian perayaan. Kebaktian didpimpin bersama oleh Pdt. Alex Siampa (Pengehntar Jemaat) dan Pdt. E. Maays Baura (Ketua Sinode GKSS).

Upacara dirangkaikan dengan pekan perayaan Hari Ulang Tahun ke-46 GKSS (12 Juni 1966-2012); dan Hari Pekabaran Injil ke-79 GKSS (19 Juni 1933-2012).
Jemaat yang terletak jauh terpencil di wilayah Kabupaten Gowa ini dicapai melalui jalan dari Batang Ase (Kab Maros) melalui Kompleks militer Kariango. Ada pula jalan tembus dari Perumahan BTP Makassar.

Jemaat ini berasal dari pembinaan rohani para tahanan politik (Tapol) yang mulai pada tahun 1968. Pada tahun 1969 atas swadaya masyarakat dan TNI dibangun gedung darurat untuk tempat beribadah bersama pada hari Minggu. Atas kerjasama dengan POMDAM dan GKSS maka sejak tahun 1977 daerah Moncongloe dan sekitarnya menjadi pos Pekabaran Injil GKSS. Terutama orang mengingat kesetiaan almarhuman Pdt. Mintje Montolalu dalam pelayanan para tapol masa itu. Setelah kompleks tapol dibubarkan maka sejumlah warga Kristen menetap di Moncongloe dan keluarganya datang bergabung.


Kemudian pada tahun 1980-an  dusun Moncongloe dijadikan lokasi pemeliharaan ternak Babi. Sejumlah orang Kristen asal Toraja Mamasa sebagai karyawan bergabung sebagai warga jemaat.
Pada tahun 1994 jemaat Moncongloe ditetapkan oleh persidangan Sinode XI GKSS menjadi Jemaat GKSS. Jemaat juga mulai berusaha membangun gedung gereja permanen tetapi belum berhasil. Karena adanya bencana angin yang merobohkan pohon jati dan menimpa gedung gereja darurat, maka atas desakan pemuka masyarakat setempat maka suatu upaya renovasi lebih serius dilakukan. Pada tanggal 18 September 2008 berlangsung peletakan batu pertama. Atas kerja serius warga jemaat dengan penghentar jemaatnya, maka gedung gereja dapat diselesaikan. Sumbangan diperoleh dari para donatur dari berbagai tempat, termasuk beberapa pengusaha warga Tionghoa,dan bebeberapa lembaga.
Jemaat ini terdiri atas 26 KK dipimpin oleh penghantar jemaat Pdt. Ir. Alex Siampa, S.Th., bersama para anggota Majelis Jemaatnya: Pnt. Bongga Lele (Ketua); Dkn. Natan Minggu (Sekretaris); Pnt. Duma (Bendahara); dan Dkn. Daniel Tayan (Anggota).
Selamat. Tuhan berkati.

1 comment:

Anonymous said...

Koreksi: Ulang Tahun Sinode GKSS ke 46 (1966-2012) dan Ulang Tahun PI GKSS ke 79 (1933-2012).
Terima kasih