Monday, January 14, 2013

(Bakal) Jemaat GKSS di Talaya, Mamuju Utara




Perjamuan Kudus di bakal jemaat Talaya, Mamuju Utara

Talaya adalah nama sebuah dusun di daerah terpencil yang hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 2 jam (15 KM) dari Jemaat GKSS di Keang. Untuk mencapai daerah tersebut tidaklah mudah karena selain jaraknya yang cukup jauh, medannya juga cukup berat dengan menyusuri jalan setapak ditengah hutan yang berkelok-kelok dan tidak rata, serta beberapa bagian berada dipinggiran jurang yang cukup curam. 

Keluarga-keluarga yang tadinya tinggal berjauhan di dalam hutan untuk membuka ladang, sekarang sudah dikumpulkan di sebuah lokasi baru yang dibina dengan bekerjasama Yayasan Holistik Allamahabah. Mereka sudah memiliki gedung gereja darurat dengan jumlah anggota sekitar 40-60 jiwa. Sampai sekarang hanya warga jemaat bermukim di dusun Talaya. Bakal jemaat ini di Talaya dilayani oleh pendeta dari Jemaat Toabo atau Majelis dari Jemaat Keang.

Jika jemaat Talaya sudah terbentuk sebagai jemaat GKSS, maka akan terdapat tiga jemaat di daerah Mamuju Utara. Jumlah tiga jemaat memenuhi syarat untuk menjadi klasis tersendiri.

Catatan:
Dusun Talaya bagian dari Kecamatan Kalukku’ Kab. Mamuju Utara. Jemaat Toabo termasuk Kecamatan Kalukku' dan Jemaat Keang masuk Kec. Papalang, Kab. Mamuju Utara. Toabo sekitar 90 KM dari kota Mamuju; sedangkan Toabo – Keang skitar 70 KM. Dari Mamuju ke Toabo dan ke Keang dapat ditempuh dengan mobil.
Dusun Talaya, Mamuju Utara


(Informasi dari Pdt. Armin Sukri)

No comments: