Sunday, February 3, 2013

Alkitab Bahasa Selayar



Pada hari Minggu, 3 Februari 2013, Majelis Jemaat GKSS Mattirobaji membagikan Alkitab Perjanjian Baru dalam Bahasa Selayar, Kitta' Passitallikang Bau, Kareba Baji, yang diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia, mengikuti Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS).



Bahasa Selayar merupakan salah satu rumpun bahasa Bugis Makassar. Injil mulai masuk di pulau ini pada tahun 1930-an, dan jemaat-jemaat di pulau ini merupakan satu klasis dalam GKSS. 


Semoga Alkitab ini menjadi berkat bagi jemaat dan masyarakat Selayar, Sulawesi Selatan.



Terjemahan Hukum Kasih (Matius 22: 37-39) sebagai berikut: 

Passukku'i pangamaseammu mange ri Karaeng Allataalamu, risiganna'na atimu surang nyahamu na harasiamu. Ia mo onjo poong parenta na makase're. Parena makarua, nuassimpole injo, iamo intu: Kamaseangi parammu rupatau assimpole mukamaseanna kalemmu. 

Indonesia (TB) 37 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.


Indonesia (BIS): 37 Cintailah Tuhan Allahmu dengan sepenuh hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan seluruh akalmu.
38 Itulah perintah yang terutama dan terpenting!
39 Perintah kedua sama dengan yang pertama itu: Cintailah sesamamu seperti engkau mencintai dirimu sendiri.



Dari Efesus 1: 3-5:

Selayar: La'biri Allataala surang Amma karaengta Isa Almase nulalang ri Almase maeng lapassareang ngase'nu nugele injo kajanjangang lala ri suruga. Saba' lalang ri Ia Allataala maeng mile ri ditte rigelenapa ripaa'jari lino, solanna titte tangkasa na tide' daata ri a'rakanNa. Lalang pangamaseang Ia maeng lapattantuki battu ripakaramulanna patteteang ri Isa Almase laa'jari ana'-ana'Na, assitur' ria'ra'na.

Indonesia (TB)  3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.
4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,


Indonesia (BIS)  3 Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus! Ia memberkati kita dengan segala berkat rohani di dalam surga, karena kita bersatu dengan Kristus.
4 Sebelum dunia ini diciptakan, Allah telah memilih kita melalui Kristus dengan maksud supaya kita menjadi milik-Nya yang khusus dan tidak bercacat di hadapan-Nya. Karena kasih Allah,
5 maka Ia sudah menentukan terlebih dahulu bahwa melalui Yesus Kristus, Ia akan mengangkat kita menjadi anak-anak-Nya sendiri. Dan memang itulah yang ingin dilakukan-Nya.



No comments: